CD Skripsi
Pengembangan Media Pembelajaran Kotaya (Komik Tata Surya) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Menengah Pertama
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Melalui pendidikan, manusia mendapatkan ilmu pengetahuan yang dapat digunakan untuk menciptakan berbagai perkembangan, yang dapat memenuhi kebutuhan bertahan hidup. Pentingnya pendidikan melahirkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan tersebut. Salah satu inovasi yang perlu dilakukan adalah pada proses pembelajaran. Salah satu kendala signifikan yang umum dijumpai dalam proses pembelajaran adalah minimnya tingkat minat belajar siswa. Mengatasi hal tersebut guru sebagai fasilitator proses pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan media yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran, sehingga minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran meningkat. Media pembelajaran yang biasanya digunakan di sekolah pada umumnya adalah buku teks yang terkesan kaku dan minim animasi. Sehingga siswa kurang tertarik untuk membaca buku teks yang telah disediakan oleh sekolah sebagai salah satu media pembelajaran. Hal ini memberikan ide bagi peneliti untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbentuk cerita bergambar yaitu komik. Komik yang dikembangkan berupa komik elektronik sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dua arah. Fokus materi pada komik ini adalah materi tata surya, materi ini diambil karena pembelajaran pada materi ini bersifat abstrak. Judul yang diangkat dalam pengembangan media ini adalah Pengembangan Media Pembelajaran Kotaya (Komik Tata Surya) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik elektronik yang disebut Kotaya. Media ini nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan siswa sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran yang semestinya dapat tercapai. Serta bermanfaat bagi peneliti lain sebagai salah satu referensi untuk mengembangkan media pembelajaran yang relevan.
Tidak tersedia versi lain