CD Skripsi
Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sman 1 Tambang Kabupaten Kampar
ABSTRAK
Dewi Indah F.2009. Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 1 Tambang Kabupaten
Kampar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS
FKIP Universitas Riau. Pembimbing (I) Drs. Hendripides, M.Si, (II)
Drs Suarman, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads
Together.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil
belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa antara siswa yang diajarkan dengan
menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan
siswa yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas X di SMAN1
.Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2009
dengan objek penelitian adalah siswa kelas Xi dan kelas X4 dengan jumlah masingmasing
40 siswa dan 39 siswa. Teknik pengumpulan data dan penelitian ini
menggunakan teknik observasi dan teknik test. Dimana sebelum melakukan
penelitian dilakukan dahulu uji homogenitas untuk menentukan dua kelas yang akan
dijadikan objek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dimana
dari dua kelas tersebut yang telah diuji homogenitas tersebut ditentukan kelas
eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen
lebih baik dari pada hasil belajar kelas kontrol yaitu dapat dilihat dari nilai rata-rata
hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 75,65 sedangkan hasil belajar siswa
kelas kontrol sebesar 63,90 dengan selisih 11,75. sehingga dapat disimpulkan bahwa
penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Nembered Heads Together dapat
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa Xi SMAN 1 Tambang
Kabupaten Kampar terutama pada kompetensi dasar memahami uang dan perbankan.
Tidak tersedia versi lain