CD Skripsi
Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sd Negeri 023 Teluk Jira Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir
ABSTRAK
Karel Maret, 2009, Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatka.1
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelis V SD Negeri
023 Teluk Jira Kecamatan Tempuling Kabupaten lndragiri
Hilir. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas
Riau. Pembimbing (I) Dra. Maleha Aziz, Pembimbing (II) Drs.
Tugiman, MSI
Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Belajar, Hasil Beiajar.
Pcnelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkitan hasil belajar
siswa Kelas V SD Negeri 023 Teluk Jira dengan mengg inaki.n metode
sosiodrama dengan LKS non eksperimen. Pcnelitian ini dilakukan dike!as V
pada 20 siswa yang dilaksanakan pada bulan April dan Mei sclama dua
siklus. Siklus I dilaksanakan pada taGggal 21 April 2009 dan Siklus II
dilaksanakan pada tanggal 05 Mei 2009, sedangkan analisa data secara
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa
mengalami peniegkatan pada Siklus I 55,83% (sednng), pada Siklus II
sebesar 77,33% (tinggi) dan aktivitas guru dikategorikan ‘angat baik. Baik
disiklus I maupuu Siklus II, peningkatan hasil belajar ditiojau dari mta -
rata pada Siklus I sebesar 65,5 (sedang) dan pada Siklus VI sebesar 75,8
(tinggi) dimana ketuntasan berlajar pada Siklus I adalah 70% tuntas secara
klasikal dan pada Siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100%
dinyatakan tuntas secara klasikal. Metode Sosiodrama dapat ineningkatkan
hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 023 Teluk Jira Kecamatan Tempuling
Kabupaten lndragiri Hilir.
Tidak tersedia versi lain