CD Skripsi
Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Germain Kartu Angka Paga Anak Usia 5 C Taiiun Di Taman Kanak-Kanak Babussalam Pekanbaru
ABSTRAK
Nurbaiti, 2010. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan
Kartu Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak
Babussalam Pekanbaru.
Latar belakang penelitian ini adalah karena rendahnya kemampuan anak dalam
berhitung ,sehingga penulis mencoba menerapkan strategi pembelajaran dengan
menggunakan permainan kartu angka. Yang menjadi rumusan dalam masalah ini
adalah, bagaimanakah cara yang dilakukan guru untuk meningkatkankemampuan
anak dalam belajar berhitung melalui permainan kartu angka. Apakah terdapat
peningkatan kemampuan anak dalam belajar berhitung melalui permainan kartu
angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung
anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian tindakan kelasa ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing
siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahapan perencanaan, tahapan
pelaksanaan tindakan, tahapan observasi, dan refleksi. Lembaran observasi
diambil dari kurikulum TK tahun 2004. jumlah subjek dalam penelitian ini adalah
20 orang, yang terdiri dari 11 orang anak laki-laki, dan 9 orang anak perempuan.
Data diambil dari hasil evaluasi setiap akhir siklus. Penelitian ini melibatkan satu
orang teman sejawat sebagai pengamat.Berdasrkan data hasil dari porsentase
peningkatan pada siklus I yaitu, 26% dan peningkatan pada siklus II mencapai
45%. Maka dari keseluruhan data dan temuan dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapkan strategi permainan kartu angka dalam belajar berhitung dapat
meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Babussalam
Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain