CD Skripsi
Penggunaan Metode Montessoriuntuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Pangkalan Kerinci
ABSTRAK
Peneliti : Rumondang Wahyuni (0705164730)
Judul : Penggunaan metode Montessori untuk meningkatkan kemampuan
membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Pangkalan
Kerinci.
Berdasarkan hasil pengamatan selama peneliti bertugas di TK Negeri Pembina
Pangkalan Kerinci ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya pada kegiatan
membaca sebagai berikut: 1) Adanya sebagian anak yang kurang memahami beberapa
kata yang telah beberapa kali diajarkan, 2) Adanya sebagian anak yang tidak memahami
kalimat yang merupakan penggabungan dari beberapa kata sebelumnya, 3) Adanya
sebagian anak yang kurang memperhatik an anak saat guru mengajarkan membaca di
kelas, 4) Kurang sesuainya metode pembelajaran yang digunakan dengan psikologi
perkembangan anak. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan di atas,
maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu: 1) Apakah dengan menggunakan metode
Montessori di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci dapat meningkatkan kemampuan
membaca awal? 2) Seberapa besar peningkatan kemampuan membaca awal anak usia 5
- 6 tahun dengan menggunakan Montessori di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci?
Berdasarkan hasil penelitian diketahui: l)Kemampuan membaca awal anak dapat
ditingkatkan melalui metode Montessori pada anak didik usia 5-6 tahun di TK Negeri
Pembina pangkalan Kerinci., 2) Peningkatan membaca awal anak anak dalam aspek
bahasa dengan metode Montessori pada anak didik usia 5-6 tahun di TK Negeri
Pembina pangkalan Kerinci meningkat sebesar 22,3 % dari sebelum penerapan ke Siklus
Tidak tersedia versi lain