CD Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Aspek Kognitif Melalui Penerapan Kuis-Nht Pada Siswa Kelas Xa Sma Negeri 12 Pekanbaru
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran aspek
kognitif melalui penerapan Kuis-NHT pada siswa kelas XA SMAN 12 Pekanbaru
pada materi pokok rangkaian hambatan listrik dan hukum KirchotY pada tahun
ajaran 2008/2009. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA Negeri 12
Pekanbaru tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 41 orang dengan siswa lakilaki
20 orang dan siswa perempuan 21 orang. Instrumen pengumpulan data adalah
lembaran penilaian tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis menggunakan teknik
analisis deskriptif yang meliputi aspek relevansinya dengan materi pelajaran dan
karakterisik siswa pada materi pokok rangkaian hambatan listrik dan hukum
Kirchoff. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketuntasan materi pelajaran
sebesar 91,7% dengan kategori ketuntasan adalah tuntas dengan kategori relevansi
sangat tinggi dan ketuntasan belajar siswa klasikal adalah 87,8% dengan kategori
ketuntasan adalah tuntas dengan kategori relevansi tinggi, efektivitas
pembelajaran siswa dikategorikan efektif.
Kata kunci : Efektivitas Pembelajaran, Kuis-NHT, Aspek Kognitif
Tidak tersedia versi lain