CD Skripsi
Hasil Belajar Keterampilan Proses Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Melaluipendekatan Konstruktivisme Berbante Kan Komputer Di Kelas Xiipa 1 Sma Negeri4 Pekanbaru
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan
proses dengan penerapan melalui pendekatan konstruktivisme berbantukan
komputer pada siswa kelas XIIPA 1 SMA Negeri 4 Pekanbaru pada materi pokok
kinematika gerak dan partikel. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Neegri 4 Pekanbaru pada
tahun ajaran 2008/2009 yang beijumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan ters hasil belajar keterampilan proses. Teknik analisis data
dengan menggunakan analisis dekriptif. Hasil analisis data rata-rata daya erap
keterampilan proses siswa adalah 80,7 % dengan kategori baik. Berdasarkan daya
serap tersebut, maka efektivitas pembelajaran dikategorikan cukup efektif.
Ketuntasan belajar siswa sebesar 52,6 % dengan kategori tidak tuntas. Ketuntasan
materi pembelajaran 71,4 % dengan kategori tidak tuntas. Dengan demikian
penerapan pembelajaran dengan berbantukan komputer melalui pendekatan
kostruktivisme cukup efektif untuk siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4
Pekanbaru pada materi pokok kinematika dan gerak partikel.
Kata kunci: ketrampilan proses, pendekatan konstruktivisme, komputer
Tidak tersedia versi lain