CD Skripsi
Analisis Daya Saing Kopi Indonesia Di Pasar Dunia
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perkembangan kemampuan daya saing ekspor kopi Indonesia di pasar dunia, (2) menganalisis posisi Indonesia pada ekspor kopi di dunia, dan (3) menganalisis dinamika persaingan pasar pada ekspor kopi di dunia. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Revealed Comparative Advantage (RCA), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP), dan Constant Market Share (CMS). Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk deret waktu dari tahun 2002-2021. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) rata-rata nilai RCA kopi Indonesia adalah 3.80 yang mengartikan bahwa kopi Indonesia memiliki daya saing yang kuat di pasar dunia namun masih rendah dibandingkan Brazil, Vietnam, dan Kolombia, (2) rata-rata nilai ISP kopi Indonesia adalah 0.94 yang mengartikan bahwa Indonesia adalah eksportir kopi dan posisi daya saing kopi Indonesia berada pada tingkat kematangan, (3) berdasarkan hasil CMS, efek pertumbuhan standar adalah yang paling mempengaruhi pertumbuhan ekspor kopi Indonesia.
Kata kunci : kopi, daya saing, Revealed Comparative Advantage (RCA), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP), Constant Market Share (CMS)
Tidak tersedia versi lain