Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.4 SMPN 17 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.4 SMPN 17 Pekanbaru

Nurrisqi Alifiani / 2005136332 - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) siswa kelas VII.4 SMPN 17 Pekanbaru. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru matematika kelas VII.4 SMPN 17 Pekanbaru pada tahun ajaran 2023/2024, hasil belajar matematika siswa masih banyak dibawah KKTP yaitu 75. Hal ini terbukti dari jumlah siswa yang mencapai KKTP pada sumatif yaitu 19 dari 39 siswa. Keadaan ini menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara hasil belajar siswa dengan hasil belajar yang diharapkan pada mata pelajaran matematika kelas VII.4 SMPN 17 Pekanbaru. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan guru mata pelajaran, peneliti memperoleh informasi bahwa faktor penyebab rendahnya hasil belajar adalah siswa sulit memahami konsep dengan baik, beberapa siswa hanya dapat menyelesaikan soal dengan cara yang dicontohkan guru, banyak siswa tidak dapat menjawab soal cerita, dan terjadi kesenjangan antara siswa berkemampuan tinggi dan rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memperbaiki proses pembelajaran matematika di kelas VII.4 SMPN 17 Pekanbaru. Manfaat yang diperoleh dari penerapan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dapat menjadi saran dan masukan bagi pihak sekolah dan guru matematika untuk dapat meningkatkan kualitas kinerja guru dan meningkatkan mutu sekolah, serta bagi peneliti dapat dijadikan rujukan dalam rangka menindaklanjuti penelitian dengan ruang lingkup yang lebih luas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini diadaptasi pada Arikunto, Suhardjono, dan Supardi (2017) setiap siklus memiliki empat tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 SMPN 17 Pekanbaru sebanyak 39 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan, dengan tingkat kemampuan heterogen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpul data. Perangkat pembelajaran terdiri dari ATP dan modul ajar. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar matematika.
Berdasarkan analisis data aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan tindakan, menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran telah mengalami perbaikan pada setiap pertemuan. Hal ini dapat dilihat dari keseluruhan proses pembelajaran dimana siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak berpusat kepada guru, saat mengerjakan tugas kelompok siswa sudah bekerja sama dan mengurangi meminta bantuan kepada guru. Siswa juga membangun pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan melekat di ingatan siswa. Persentase siswa yang mencapai KKTP pada skor dasar sebesar 48.71% meningkat menjadi 66,67% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84,61% pada siklus II. Serta pada hasil analisis distribusi frekuensi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar atau terjadi perubahan hasil belajar menjadi lebih baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII.4 SMPN 17 Pekanbaru. Rekomendasi dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasi belajar matematika siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005136332
2005136332
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005136332
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Matematika., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005136332
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MATEMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN TEORITIS
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?