CD Skripsi
Hasil Belajar Keterampilan Proses Sains Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Clis Pada Siswa Kelas VI SDN 019 Sekeladi
Penelitian mengenai hasil belajar keterampilan proses sains fisika siswa dengan
penerapan model pembelajaran CLIS pada siswa di SDN 019 Sekeladi Tahun
pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar pada aspek proses seluruh siswa,
untuk materi pokok listrik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes
hasil belajar keterampilan proses. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif. Hasil analisa yang diperoleh rata-rata daya serap adalah 79,9% dengan
kategori baik, sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 70,0% dengan
kategori tidak tuntas, dan ketuntasan materi adalah 42,8% tidak tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran CLIS cukup efektif untuk membelajarkan keterampilan proses
siswa kelas VI di SDN 019 Sekeladi.
Kata Kunci: Keterampilan Proses, model pembelajaran CLIS.
Tidak tersedia versi lain