CD Skripsi
Hasil Belajar Keterampilan Proses Fisika Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ukui
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar keterampilan proses fisika siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi pokok usaha dan energi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ukui Kabupaten Pelalawan tahunajaran 2009/2010 yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Instrument pengumpulan data penelitian ini adalah soal tes hasil belajar keterampilan proses. Tes hasil dilakukan pada akhir proses pembelajaran dengan memberikan tes keterampilan proses. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi daya serap, efektifitas pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan ketuntasan tujuan pembelajaran. Hasil analisa data menunjukkan bahwa : daya serap rata-rata adalah 79,5% dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa 89,4% dengan kategori tuntas dengan ketuntasan materi pembelajaran 71,4% dengan kategori tidak tuntas. Berdasarkan daya serap rata-rata siswa, maka penerapan pendekatan CTL dapat di nyatakan cukup efektif untuk melatih keterampilan proses fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ukui pada materi pokok usaha dan energi.
Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Keterampilan Proses.
Tidak tersedia versi lain