CD Skripsi
Meningkatkan Hasil Belajar Sains Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 009 Bukit Lipai Tahun Pelajaran 2008/2009
Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar sains dengan menggunakan model pembelajaran langsung (DI)di kelas VI SD Negeri 009 Bukit Lipai Kecamatan Batang Cenaku. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 19 November 2008 s/d 11 desember 2008. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 009 Bukit Lipai sebanyak 19 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Parameter alam penelitian ini adalah hasilbelajar terdiri dari daya serap dan ketuntasan belajar, baik secara individual maupun secara klasikal, aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil delajar siswa dari siklus I dan siklus II. Untuk daya serap siswa pada siklus I 75,44% (baik) dan siklus II 77,80% (baik). Ketuntasan secara individu siklus I 94,77% (tuntas) dan ketuntasan individu siklus II 100% (tuntas), sedangkan secara klasikal dikatakan tuntas. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 71,52% (baik) dan siklus II adalah 73,58% (baik). Aktivitas guru pada siklus I maupun siklus II 100% (amat baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (DI) dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada siswa kelas VI SD Negeri 009 Bukit Lipai Kecamatan Batang Cenaku Tahun Pelajaran . 2008 / 2009.
Tidak tersedia versi lain