CD Skripsi
Hasil Belajar Keterampilan Psikomotor Dalam Pembelajaran Sains Fisika Melalui Strategi Dengar-Lihat-Kerjakan (Delikan) Berbasis Laboratorium Mini Pada Siswa Kelas VIII2 SMP N 34 Pekanbaru
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar pada aspek keterampilan psikomotor siswa melalui penerapan strategi Dengar - lihat – kerjakan (delikan) berbasis laboratorium mini pada pembelajaran Fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 SMP N 34 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 38 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan di akhir proses pembelajaran dengan mengadakan tes unjuk kerja kepada setiap siswa. Parameter penelitian ini adalah daya serap, efektivitas pembelajaran, ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal, ketuntasan butir tujuan pembelajaran dan ketuntasan materi pembelajaran. Hasil analisis yang diperoleh rata-rata daya serap 88,40% dengan kategori amat baik, sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 100% dengan kategori tuntas, dan ketuntasan materi adalah 100% dengan kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi Delikan Berbasis Laboratorium Mini dikatakan efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran sains fisika di VIII2 SMP Negeri 34 Pekanbaru ditinjau dari aspek keterampilan psikomotor.
Kata kunci: keterampilan psikomotor, Strategi delikan, laboratorium mini
Tidak tersedia versi lain