CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V 002 Pantai Cermin Kecamatan Tapung
Sudah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran
kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada kelas V SDN 002 Pantai
Cermin Tapung Tahun Ajaran 2009/2010 untuk meningkatkan hasil belajar IPA.
Pada tahun sebelumnya hasil belajar IPA siswa mengalami penurunan, hal ini
disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak sesuai
dengan materi pembelajaran. Sehingga peneliti bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas V
SDN 002 Pantai Cermin pada pokok pembahasan pesawat sederhana. Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan tiap siklus nya terdiri dari dua
kali pertemuan. Untuk satu kali pertemuan selama (2x35 menit) yang
dilaksanakan pada tanggal 5 April, 7 April, 12 April, dan 14 April 2010. Subjek
penelitian adalah siswa kalas V dengan jumlah 34 siswa, masing-masing 15
perempuan dan 19 laki-laki. Parameter penelitian terdiri dari hasil belajar siswa
meliputi daya serap, ketuntasan individu dan klasikal, aktivitas siswa, dan
aktivitas guru. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Daya serap pada siklus I
rata-rata (63,82) dengan kategori cukup. Daya serap siswa pada siklus II rata-rata
(75,00) dengan kategori baik. Ketuntasan secara individu pada siklus I sebesar
(88,23). Secara klasikal dinyatakan tidak tuntas. Ketuntasan siswa secara individu
pada siklus II meningkat menjadi (100%) secar klasikal dinyatakan tuntas.
Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata (84%) dengan kategori baik,
aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi rata-rata (95%) dengan
kategoribaik sekali. Sedangkan aktivitas guru dalam KBM pada siklus I dengan
rata-rata (86%) dengan kategori baik, dan aktivitas guru dalam KBM pada siklus
II dengan rata-rata (92,5%) dengan kategori baik sekali. Dari hasil penelitian
diatas dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
dapat meningkatkan hasil belajar IPA di SDN 002 Pantai Cermin Tahun Ajaran
2009/2010.
Tidak tersedia versi lain