CD Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Menggunakan Media Gamabar di Kelas V Semester Ganjil SDN 014 Gurun Panjang Dumai TA. 2010/2011
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan
hasil belajar Sains menggunakan media gambar di kelas V SDN 014 Gurun
Panjang Dumai Tahun Pelajaran 2010-2011 dilakukan pada tanggal 11 November
sampai dengan 29 November 2010. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V
sebanyak 24 siswa. Parameter dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang terdiri
dari daya serap, ketuntasan belajar, aktifitas siswa, aktifitas guru. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata daya serap siswa dari Ulangan Harian Siklus I
adalah 78,3 (Baik) meningkat menjadi 90,9 (Baik Sekali) pada Siklus II.
Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 95,8% (Tuntas) meningkat menjadi
100% (Tuntas) pada siklus II. Rata-rata aktifitas siswa pada siklus I adalah 75,0%
(Baik) meningkat menjadi 91,7% (Baik Sekali) pada siklus II. Rata-rata aktifitas
guru siklus I adalah 85,0% (Baik) menjadi 100% (Baik Sekali). Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat
meningkatkan hasil belajar Sains kelas V SDN 014 Gurun Panjang Dumai Tahun
Pelajaran 2010-2011.
Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain