CD Skripsi
Melalui Tutor Sebaya Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 007 Lubuk Mandian Gajah Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan
Berdasarkan pengamaatan peneliti di kelas IV SDN 007 Lubuk Mandian
Gajah Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan khususnya pada mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bahwa hasil belajar siswa masih rendah ini
karenakan siswa : 1) Siswa tidak maksimal mengikuti pembelajaran IPS,2) Siswa
tidak terbiasa belajar dengan teman yang sudah mengerti dalam pelajaran,3) siswa
yang pintar dalam melakukan kegiatan masih bersifat individual tidak mau
memmbimbing teman yang belum mengerti dalam pelajaran,4)Siswa tidak berani
meminta bantuan kepada guru dalam pembelajaran. Berdasarkan kenyataan
tersebut peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian tindakan kelas yang
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan tindakan yang tepat dalam
penerapan metode pembelajarannya adalah metode tutor sebaya dalam pelajaran
IPS kelas IV SDN 008 Tambun Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan.
Waktu penelitiana ini telah dilaksanakan selama 4 bulan terhitung mulai
bulan januari 2011 hingga bulan april 2011. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas guru dalam
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya yang
diamati oleh observer mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh skor 17
atau 49% meningkat siklus II memperoleh skor 21 atau 60% terjadi peningkatan
sebesar 11% dari siklus I ke siklus II, aktivitas guru siklus III memperoleh skor 28
atau 80% % terjadi peningkatan sebesar 20% dari siklus II ke siklus III.
Sementara hasil aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I
ke siklus II, siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor 25 atau 20%
sedangkan pada siklus II skor naik menjadi 56 atau 44% terjadi peningkatan
sebesar 24% dari siklus I ke siklus II, aktivitas belajar siswa siklus III
memperoleh skor 75 atau 59% % terjadi peningkatan sebesar 15% dari siklus II ke
siklus III. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I
ke siklus II dan siklus III, pada siklus I hasil belajar siswa dengan jumlah nilai rata
– rata 33 sedangkan pada siklus II nilai rata – rata 65 dan siklus III naik menjadi
84 terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 32
sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus II ke siklus III sebesar 17.
Dengan demikian dengan menggunakan metode tutor sebaya aktivitas guru,
aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa terjadi peningkatan.
Tidak tersedia versi lain