CD Skripsi
Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Merek Yamaha Pada CV. Yamaha Utama Payakumbuh
Konsumen mempunyai arti penting bagi suatu organisasi yang bergerak dibidang sosial maupun komersial. Kelangsungan hidup organisasi atau perusahaan sangat ditentukan oleh konsumen, karena konsumenlah yang akan membeli atau mengkonsumsi barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa tujuan dan kegiatan pemasaran adalah mempengaruhi konsumen atau menarik minat konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan atau badan usaha tertentu. Agar kegiatan pemasaran perlu memahami mengapa dan bagaimana tingkah laku konsumen, apa selera konsumen dan apa keinginan mereka.
Dengan mengetahui prilaku konsumen akan sangat membantu perusahaan dalam mengidentifikasikan pasarnya sehingga segmen pasar akan lebih jelas efektif. Mempelajari prilaku konsumen akan dapat mengetahui bagaimana konsumen melakukan proses pembelian. Bagaimana suatu proses keputusan pembelian terjadi pada konsumen ada faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Yamaha. Penelitian ini dilakukan pada CV. Yamaha Utama di Kota Payakumbuh dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang konsumen. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu metode yang dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan berdasarkan atas strata, random atau daerah tatapi berdasarkan adanya tujuan tertentu. Dan teknik analisis data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Sementara alat analisis digunakan analisis faktor yang merupaka pendekatan statistik
yang dapat digunakan untuk menganalisis sejumlah besar variable (sub variable) dan untuk menjelaskan dimensi-dimensi (disebut faktor) apakah yang melandasi faktor tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 2 (dua) faktor yang mewakili variabel (sub variabel) asli, dimana 2 (dua) faktor ini diberi nama dengan menggunakan pendapat peneliti yaitu faktor 1 (satu) peneliti menamakan dengan informasi dan layanan, dan untuk faktor 2 (dua) peneliti menamakan kualitas produk. Berdasarkan dari analisis dari tanggapan responden, penulis menyarankan kepada pemasar khususnya CV. Yamaha Utama Payakumbuh agar dapat melakukan peningkatan kegiatan yang berhubungan dengan kedua faktor yang mempengaruhi tersebut mulai dari penampilan produk, memberikan harga yang terjangkau, promosi, publikasi (meyakinkan masyarakat dengan keunggulan sepeda motor Yamaha dibandingkan dengan merek lain) serta bekerja sama dengan berbagai pihak yang dapat mempengaruhi khalayak ramai untuk memutuskan membeli sepeda motor merek Yamaha.
Tidak tersedia versi lain