CD Skripsi
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw iv untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas v sdn 015 sungai besar kecamatan pekaitan kabupaten rokan hilir
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa terhadap pelajaran PKn yang masih tergolong rendah. Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw IV dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 015 Sungai Besar Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir?
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tindakan yang benar dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 015 Sungai Besar Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 015 Sungai Besar Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Variabel tindakan yang dianalisis adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw IV dan variabel masalah yakni hasil belajar siswa. Data tersebut diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa setelah mengikuti model pembelajaran tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dijelaskan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigaw IV dapat meningkatkan aktivitas guru yang pada gilirannya hasil belajar siswa pun menjadi meningkat. Dengan demikian hipotesis yang dirumuskan: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw IV dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 015 Sungai Besar Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir terbukti dan “diterima”.
Tidak tersedia versi lain