CD Skripsi
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien yang Menggunakan Askes pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selatpanjang
Penelitian ini dilakukan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)
Selatpanjang yang berlokasi di jalan Dorak Selatpanjang Kabupaten Kepulauan
Meranti. Penelitian ini berlangsung Desember 2011 sampai selesai. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikan atau tidaknya pengaruh
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien yang menggunakan Askes pada
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selatpanjang dan untuk mengetahui faktor
apakah dari dimensi kualitas pelayanan yang berpengaruh dominan terhadap
kepuasan pasien yang menggunakan Askes pada Rumah Sakit Umum Daerah
(RSUD) Selatpanjang.
Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan penulis adalah data
primer dan data sekunder dengan sampel berjumlah 60 orang yaitu pasien rawat
inap yang menggunakan Askes (PNS) pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD )
Selatpanjang. Sampel ini diambil dengan menggunakan Metode Perposive
Sampling. Dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda ditemukan
adanya pengaruh yang kuat dan signifikan antara variabel faktor higienis (X1),
faktor peningkat kualitas (X2), dan threshold factors (X3) terhadap kepuasan
pasien yang menggunakan Askes pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)
Selatpanjang, sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan hubungan
yang kuat yaitu kepuasan pasien yang menggunakan Askes pada RSUD
Selatpanjang di pengaruhi oleh variabel bebas (faktor higienis, faktor peningkat
kualitas, dan threshold factors). Dari hasil pengujian regresi melalui uji F
ditemukan F hitung lebih besar dari F tabel sehingga dapat dilihat bahwa
terdapat pengaruh yang kuat antara variabel bebas (faktor higienis, faktor
peningkat kualitas dan threshold factor) terhadap variabel terikat (kepuasan
pasien) dan hipotesis yang ditemukan dapat diterima. Dari hasil uji t ditemukan
bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yang berarti secara parsial variabel bebas
(faktor higienis, faktor peningkat kualitas, dan threshold factors) mempunyai
hubungan yang kuat dan positif terhadap variabel terikat (kepuasan pasien),
dengan demikian variabel yang paling kuat mempengaruhi kepuasan pasien yaitu
threshold factor sehingga hipotesis yang dikemukan di terima, dan dilihat dari
hasil regresi berganda hasil sumbangan yang paling besar diberikan oleh
threshold factor. Dengan demikian variabel yang paling kuat mempengaruhi
kepuasan pasien adalah threshold factor.
Tidak tersedia versi lain