CD Skripsi
Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sdn 032 Banjar Lopak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 032 Banjar Lopak Kec. Benai
Kab. Kuantan Singingi melalui “penerapan model Contextual Teaching And
Learning (CTL)”. Dengan rumusan masalah apakah penerapan model Contextual
Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas
IV SDN 032 Banjar Lopak Kec. Benai Kab. Kuantan Singingi?, dan hipotesis
tindakan adalah jika diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And
Learning (CTL)dalam pembelajaran IPS, maka dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SDN 032 Banjar Lopak Kec. Benai Kab. Kuantan Singingi.
Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2011 dan
dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 032
Banjar Lopak Kec. Benai Kab Kuantan Singingi yang berjumlah 20 orang.
Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah lembar observasi guru dan
lembar observasi siswa. Skripsi ini menyajikan tes hasil belajar siswa melalui
daya serap siswa yang diperoleh dari nilai ulangan harian. Pada siklus I dengan
rata-rata 60,5 dan siklus II dengan rata-rata 70,00 jadi peningkatan dari siklus I
dan siklus II adalah 9,5. Sedangkan rata-rata ketuntasan belajar siswa yang
diperoleh dari ulangan harian mengalami peningkatan pada sikus I yaitu 55%
(kategori belum tuntas) dan siklus II 85% (kategori tuntas). Pada instrumen
pengumpulan data menggunakan lembar onservasi aktivitas siswa dan aktivitas
guru selama prose pembelajaran berlangsung di kelas IV SDN 032 Banjar Lopak
Kec. Benai Kab. Kuantan Singingi. Rata-rata aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran berlangsung pada siklus I 63,90% dan siklus II dengan rata-rata
84,91%, selanjutnya aktivitas guru dalam membina proses pembelajaran dengan
tindakan pada siklus I 81,25% kategori baik sedangkan siklus II 97,5% dengan
kategori baik sekali. Dari hasil penelitian diatas diketahui bahwa penerapan model
Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS
siswa kelas IV SDN 032 Banjar Lopak Kec. Benai Kab. Kuantan Singingi.
Tidak tersedia versi lain