CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iii B Sd Negeri 027 Tanjung Medan Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir Tahun Pelajaran 2011/2012
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan
hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatip
Tipe STAD pada siswa kelas III B SDN 027 Tanjung Medan Kecamatan Pujud
Kabupaten Rokan Hilir Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan Oktober sampai November 2011. Subjek penelitian adalah siswa
kelas III B SDN O27 Tanjung Medan Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir
berjumlah 28 orang. Parameter penelitian adalah hasil belajar yang terdiri dari
daya serap, ketuntasan belajar, aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan daya serap pada siklus I 69,82 %
(cukup) dan pada siklus II adalah 78,75 % (baik). Ketuntasan belajar pada siklus
I 60,71% (tuntas) dan pada silklus II 92,85% (tuntas). Penghargaan kelompok
pada siklus I empat kelompok dengan kategori hebat dan dua kelompok dengan
kategori super sedangkan pada siklus II tiga kelompok dengan kategori super
dan tiga kelompok dengan kategori hebat. Aktivitas siswa pada siklus I 74,55%
(cukup) dan siklus II 80,35% (baik). Aktivitas guru pada siklus I 90,90 % (baik
sekali) dan siklus II adalah 95,45% (baik sekali). Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SDN O27 Tanjung Medan
Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata kunci: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD
Tidak tersedia versi lain