CD Skripsi
Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012
ABSTRAK
Skripsi ini berjudul Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Pencapaian
Tugas Perkembangan Siswa kelas VIII SMPN 12 Pekkanbaru tahun Pelajaran
2011/2012.Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran
Pencapaian Tugas Perkembangan sebelum diberi Bimbingan Kelompok 2)
Bagaimana gambaran Pencapaian Tugas Perkembangan sesudah diberi Bimbingan
Kelompok 3) apakah terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesedah
diselenggarakan bimbingan kelompok 4) apakah terdapat pengaruh bimbingan
kelompok terhadap pencapaiian tugas perkembangan siswa. Adapun tujuan penelitian
ini adalah 1) untuk mengetahui Pencapain Tugas Perkembangan siswa sebelum
Bimbingan Kelompok, 2) untuk mengetahuai Pencapaian Tugas Perkembangan
Siswa sesudah Bimingan Kelompok, 3) Untuk mengetahuai pengaruh Bimbingan
Kelompok terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII5, VIII6, VIII7 SMPN 12 Pekanbaru
semesterganjil Tahun Pelajaran 2011/2012.sebanyak 115 orang siswa. teknik
pengambilan sampel purposive sampling masing-masing pada kelas VIII5 sebanyak
10 orang VIII6 sebanyak 11 orang dan kelas VIII7 sebanyak 10 orang sehingga
sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pra ekperiment atau exsperiment semu, yaitu eksperimen yang
digunakan memberi gambaran mengenai keadaan yang sedang berlangsung pada
objek penelitian.berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan ternyata diperoleh
thitung lebih besar dari ttabel atau diperoleh nilai t sebesar -31,238. Dengan demikian
hipotesa dapat diterima atau dengan kata lain Ha diterima dan Ho di tolak. Atau
dengan kata lain penggunaan bimbingan kelompok cukup efektif atau sangat
berpengaruh untuk meningkatkan Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 12 Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain