CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Stay One Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Biologi Kelas V Sd Negeri 004 Tanjung Medan Tahun Ajaran 2011 / 2012
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains Biologi dengan
penerapan model kooperatif tipe TSOS pada siswa kelas V SD Negeri 004
Tanjung Medan. Penelitian dilaksanakan bulan Nopember 2011. Subjek penelitian
adalah siswa kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari : 9 orang siswa
perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Parameter dalam penelitian ini adalah
hasil belajar siswa terdiri dari daya serap dan ketuntasan belajar, aktivitas siswa
dan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap pada ulangan
harian siklus I adalah 66,50% (cukup). Siklus II nilai ulangan harian siklus II
78,75 (baik). Ketuntasan belajar secara individu pada siklus I adalah 85% (tuntas),
dan 15% (tidak tuntas). Ketuntasan belajar secara individu pada siklus II adalah
100% (tuntas). Penghargaan kelompokpada siklus I 1 kelompok mendapat
kategori super dan 4 kelompok mendapat kategori hebat pada siklus I, sedangkan
pada siklus II 3 kelompok mendapatkan kategori super dan 2 kelompok kategori
hebat. Rata-rata aktifitas siswa siklus I pertemuan pertama 40,80% dan pertemuan
kedua meningkat menjadi 59,20%. Siklus II pertemuan I 64% mengalami
peningkatan sampai 71,20% pada pertemuan kedua. Dari penelitian ini dapat
dinyatakan bahwa pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe TSOS
dapat meningkatkan hasil belajar sains biologi pada siswa kelas V SD Negeri 004
Tanjung Medan Tahun Ajaran 2011 / 2012.
Kata kunci : Hasil belajar. Aktifitas siswa, model kooperatif tipe TSOS.
Tidak tersedia versi lain