CD Skripsi
Penggunaan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Santo Yosef Duri
Tujuan pendidikan dasar nasional adalah memberikan bekal
kemampuan kepada peserta didik untuk mengembangkan kehidupannya sebagai
pribadi, anggota masyarakat, warga negara dan anggota umat manusia serta
mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan menengah. Pemilihan
metode pembelajaran yang tepat sangat diperlukan agar proses pembelajaran tidak
membosankan. Peran guru sangat pentingagar keberhasilan pembelajaran dapat
tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa
dan motivasi belajar siswa melalui penggunaan metode jigsaw. Adapun penelitian
ini dilaksanakan pada tanggal 6 maret 2012 sampai dengan 16 maret 2012.
Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SD Santo
Yosef Duri yang berjumlah 45 orang yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 24
siswa perempuan. Variabel yang menjadi ukuran penelitian adalah aktivitas guru,
aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa dengan cara menggunakan lembar
observasi.
Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus
terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil aktivitas guru siklus I pertemuan 1 adalah
dengan skor 17 atau 53% dan pertemuan 2 dengan skor 22 atau 69% dengan
kategori sempurna. Pada siklus II pertemuan 1 dengan skor 27 atau 84% dan
pertemuan 2 dengan skor 30 atau 94% dengan kategori sangat sempurna. Untuk
aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dengan skor 231 atau 64% dan
pertemuan 2 dengan skor 267 atau 75% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada
siklus II pertemuan 1 dengan skor 293 atau 82% dan pertemuan 2 dengan skor
323 atau 90% dengan kategori sangat tinggi.
Selanjutnya hasil observasi motivasi belajar siswa pada silkus I
pertemuan 1 dengan skor 218 atau 61% dan pertemuan 2 dengan skor 231 atau
65% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dengan skor
277 atau 78% dan pada pertemuan 2 dengan skor 299 atau 84% dengan kategori
sangat tinggi.
Tidak tersedia versi lain