CD Skripsi
Penggunaan Metode VCT (Value Clarification Technique) Model Simulasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Siswa Pada Kelas V SD Negeri 029 Sintong Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir
Nama : ISMAIL (0705135725), Tahun 2012
Judul : Penggunaan Metode VCT (Value Clarification Technique) Model Simulasi Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Siswa Pada Kelas V SD Negeri 029 Sintong
Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir.
Kata Kunci : Metode VCT (Value Clarification Technique) Simulasi, Motivasi Belajar PKn
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Metode VCT (Value
Clarification Technique) Simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN
O29 Sintong Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan mulai dari bulan November 2011 sampai dengan bulan Desember 2011. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN O29 Sintong Kecamatan Tanah Putih
Kabupaten Rokan Hilir, dengan jumlah siswa sebanyak 25 yang Terdiri dari 14 orang siswa lakilaki
dan 11 orang siswa perempuan.Ditemui fenomena khususnya pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan, siswa yang aktif dan memperhatikan guru dalam menjelaskan
hanya 30% dan selebihnya yang 70% tidak berminat dalam proses pembelajaran, kurang tekun
dalam mengerjakan tugas, dan cepat bosan terhadap materi pembelajaran. Mencermati keadaan
tersebut peneliti tertarik untuk melakukan peneltian tindakan kelas yang bertujuan untuk
mengetahui tindakan yang tepat dalam pembelajaraan agar dapat meningkatkan motivasi belajar
PKn siswa kelas V SDN O29 Sintong Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I aktifitas guru memperoleh kategori
Cukup sempurna dengan skor 16,5 mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori
Sangat Sempurna dengan skor 25,5, sementara aktifitas siswa pada siklus I mendapatkan
kategori Cukup Tinggi dengan interval 69,5 menjadi Sangat Tinggi dengan skor 108,5 pada
siklus II. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa juga terjadi setelah dilakukannya
penelitian, dimana pada Siklus I motivasi belajar siswa hanya mencapai kategori Cukup Tinggi
dengan interval 93 meningkat pada siklus II dengan kategori Tinggi dengan interval 146,5 yang
diperoleh. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan
metode VCT (Value Clarification Technique) Simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar
Pkn siswa sesuai yang diharapkan. Sehingga metode VCT Simulasi dapat dijadikan sebagai salah
satu alternatif dalam pembelajaran PKn karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain