CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis
Firdaus, 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN 42
Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Program
Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn). Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS) Universitas Riau (UR).
Pembimbing: (I) Dr.Gimin, M.Pd (II) Drs.Zahirman, MH
Kata kunci: Word Square, Hasil Belajar Siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe word square di
kelas V SDN 42 Duri Barat. Berdasarkan observasi dan analisis data awal dikelas,
diketahui bahwa hasil belajar siswa rendah, baik secara individu maupun secara
klasikal. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya minat siswa
dan kurangnya media pembelajaran yang tepat sehingga kurang merangsang
minat belajar siswa. Selain itu siswa merasa jenuh karena metode pengajaran yang
diterapkan guru selalu menggunakan metode ceramah. Untuk mengatasi rendahnya
hasil belajar siswa tersebut, penelitian ini dikhususkan pada peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe word square di kelas V SDN 42 Duri Barat.
Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada data awal
adalah 57, pada siklus I 63 dan pada siklus II 76. Aktivitas guru dan siswa juga
mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I adalah 67% (berkategori
sempurna) dan pada siklus II adalah 83% (berkategori sangat sempurna).
Sementara aktivitas siswa pada siklus I adalah 72% (berkategori tinggi) dan pada
siklus II adalah 86% (berkategori sangat tinggi).
Berdasarkan analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe word square dapat meningkatkan
hasil belajar siswa di kelas V SDN 42 Duri Barat pada mata pelajaran
PKn. Hipotesis dapat diterima.
Tidak tersedia versi lain