CD Skripsi
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Struktural Tipe TSOS (Three Stay One Stray) Pada Siswa Kelas IV SDN 017 Sedinginan Kabupaten Rokan Hilir
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa sehingga menyebabkan banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM, hal ini disebabkan karena kurangnya interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dalam hal ini siswa malu bertanya apabila kurang mengerti, keinginan belajar siswa kurang, siswa cepat merasa bosan dan jenuh dalam belajar dan siswatidak memperhatikan pelajaran malah ngobrol dengan kawan-sebangku.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 017 Sedinginan dengan menggunakan model pembelajaraan Kooperatif Pendekatan Struktural TSOS dengan materi pecahan. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 24 Mei sampai dengan 8 Juni 2011, subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 21 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 5 orang perempuan. Dalam penelitian adalah hasil pengamatan terdiri dari aktivitas guru, aktivitas siswa. Instrument penelitian meliputi perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKS, kisi-kisi soal dan lembaran soal ulangan harian), lembaran observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.
Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Peningkatan hasil belajar siswa, daya serap siswa dan ketuntasan belajar siswa berdasarkan ulangan harian I siklus I meningkat dan siklus II lebih baik dari siklus I seiring dengan meningkatnya aktivitas guru dan aktivitas siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSOS dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 017 Sedinginan tahun pelajaran 2011/2012
Tidak tersedia versi lain