CD Skripsi
Pengembangan Instrumen Tes Tipe Open Ended Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Topik Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP/MTS
Latar belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, peserta didik belum diberikan latihan soal tipe open ended untuk peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen soal tes tipe open ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis pada topik teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research And Development) tipe development studies yaitu meliputi tahapan preliminary dan formative evaluation. Alur penelitian yang dilakukan adalah analisis, desain, self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) 16 butir soal tes tipe open ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis topik teorema Pythagoras yang valid secara internal dan eksternal; (2) soal tes tipe open ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis memperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,86 kategori sangat tinggi; (3) soal tes tipe open ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis memperoleh rata-rata tingkat kesukaran 0,35 kategori sedang (4) soal tes tipe open ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis memperoleh rata-rata daya pembeda 0,39 kategori cukup.
Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif matematis; open ended; soal tes
Tidak tersedia versi lain