Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan articulate storyline 3 untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika sma/ma
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan articulate storyline 3 untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika sma/ma

Sherly Hastri / 1805111433 - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan
masalah matematis (KPMM) dan masih terbatasnya media pembelajaran interaktif
yang memfasilitasi KPMM siswa yang digunakan sebagai penunjang pembelajaran
matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika, diperoleh
informasi bahwa sumber belajar yang digunakan oleh siswa yaitu buku paket dan
powerpoint yang disediakan oleh guru. Buku paket yang digunakan sudah memuat
materi singkat dan kumpulan soal. Namun, buku paket tidak mencakup langkahlangkah
pemecahan masalah matematis. Selain itu, keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran matematika belum optimal. Oleh sebab itu, untuk memfasilitasi
KPMM siswa diperlukan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan
saintifik sehingga KPMM siswa dapat terfasilitasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif
berbantuan Articulate Storyline 3 untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa pada materi statistika SMA/MA serta memenuhi syarat
valid dan praktis. Media pembelajaran yang dikembangkan untuk siswa sebagai
panduan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang
menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1)
analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation.
Instrumen yang digunakan adalah angket validasi media pembelajaran dan angket
respon siswa.
Pada tahap analysis (analisis), analisis kebutuhan dilakukan wawancara
dengan guru sekolah. Analisis siswa dilakukan dengan mengkaji penelitian
terdahulu terkait KPMM siswa. Analisis kurikulum dilakukan dengan merumuskan
tujuan pembelajaran berdasarkan indikator pengetahuan kompetensi (IPK).
Pada tahap design (desain), kegiatan yang dilakukan yaitu menyusun materi,
membuat prototype media pembelajaran, merancang instrumen penelitian. Media
pembelajaran dibuat menggunakan Articulate Storyline 3 yang terdiri dari 5
submateri, pembelajaran dirancang dimulai dengan menyajikan permasalahan.
ii
Peneliti menerapkan langkah-langkah KPMM dalam media pembelajaran dimulai
dengan menyajikan permasalahan seperti kegiatan memahami masalah,
merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah
dan memeriksa kembali.
Pada tahap development (pengembangan), media pembelajaran yang
dikembangkan kemudian divalidasi oleh 3 validator yaitu dosen Universitas PGRI
Jombang, dosen FKIP Matematika Universitas Islam Riau, dan guru matematika
SMPN 2 Dumai. Hasil validasi menunjukkan rata-rata 95,85% dengan kategori
sangat valid. Hal ini menunjukkan media pembelajaran sudah layak diujicobakan
kepada siswa. Setelah produk memenuhi kriteria valid, dilakukan perbaikan pada
media pembelajaran dan uji coba keterbacaan guna melihat keterbacaan dari media
pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Subjek uji coba keterbacaan yaitu 3
siswa. Selanjutnya dilakukan revisi sesuai saran dari siswa.
Pada tahap implementation (implementasi), uji coba dilakukan di SMAN 10
Pekanbaru. Uji coba dilakukan pada penelitian ini uji coba kelompok kecil dan uji
coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil melibatkan 6 siswa kelas XII yang
masing-masing dua siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Uji coba
kelompok besar melibatkan satu kelas siswa kelas XII berjumlah 41 siswa dengan
kemampuan akademis yang heterogen. Berdasarkan hasil angket respon siswa
diperoleh nilai rata-rata 85,59% dengan kategori sangat praktis untuk uji coba
kelompok kecil dan 84,65% dengan kategori praktis untuk uji coba kelompok besar.
Pada tahap evaluation (evaluasi), dilakukan perbaikan media pembelajaran
berdasarkan komentar dan saran dari siswa untuk menilai ketercapaian tujuan
pengembangan media pembelajaran interaktif. Kesimpulan penelitian ini adalah
media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 untuk
memfasilitasi KPMM siswa pada materi statistika SMA/MA memenuhi syarat valid
dan praktis.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1805111433
1805111433
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1805111433
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau – FKIP – Matematika., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1805111433
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MATEMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rahmat
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?