CD Skripsi
Pengembangan LKPD Pembelajaran Mitigasi Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan Gambut Dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Wordpress Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA
Indonesia merupakan negara yang rawan bencana alam, termasuk kebakaran hutan dan lahan gambut yang sering terjadi pada musim kemarau akibat aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab, seperti pembakaran lahan untuk pertanian. Kebakaran ini menyebabkan kerusakan ekologis, polusi udara, dan dampak negatif pada kesehatan masyarakat, sekaligus mengganggu sektor pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting mengintegrasikan materi mitigasi kebakaran hutan dan lahan gambut ke dalam kurikulum pendidikan, khususnya di tingkat SMA, dengan pendekatan konstruktivisme yang mendorong peserta didik membangun pengetahuan melalui pengalaman nyata. Salah satu cara untuk mengintegrasikannya adalah melalui pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang relevan. Namun, hasil pra survei di SMAN 8 Pekanbaru dan MAN 3 Pekanbaru menunjukkan bahwa LKPD yang digunakan oleh guru masih belum memenuhi komponen yang seharusnya ada pada LKPD, karena komponen penting seperti wacana tidak tercantum, dan sumber belajar interaktif yang dirancang sesuai kebutuhan peserta didik belum tersedia. Teknologi berbasis web seperti WordPress menjadi alternatif solusi untuk mengembangkan LKPD yang lebih fleksibel dan interaktif, sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri dan memahami konsep mitigasi bencana secara lebih mendalam.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Pembelajaran Mitigasi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan WordPress pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X yang Berkualitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dimulai dari tahap analisis, yaitu analisis kurikulum, analisis LKPD, analisis konsep dan analisis peserta didik. Selanjutnya pada tahap desain dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran dan LKPD, dan tahap pengembangan dilakukan pengembangan LKPD dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan WordPress. Instrumen pengumpul data terdiri dari lembar validasi, angket responden, dan LKPD dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan WordPress.
Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rincian skor rata-rata validasi yaitu 3.78 dengan kategori sangat valid, skor rata-rata uji coba terbatas tahap I adalah 3.81 dengan kategori sangat baik, dan skor rata-rata uji coba terbatas tahap II adalah 3.85 dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil validasi, uji coba, dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kualitas LKPD Pembelajaran Mitigasi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan WordPress pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X yang telah dikembangkan adalah sangat baik dengan skor 3.81, sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Tidak tersedia versi lain