CD Skripsi
Pengembangan Instrumen Tes Tertulis Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Perubahan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas X SMA
Pendidikan di Indonesia dalam kerangka Kurikulum Nasional bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki kompetensi yang tidak hanya terbatas pada aspek kognitif, tetapi juga keterampilan berpikir yang lebih mendalam dan terstruktur. Salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam dunia yang semakin kompleks ini adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu modal peserta didik untuk menyiapkan aspek fisik dan psikis agar mampu beradaptasi dalam pendidikan dan pembelajaran. Hal ini sejalan dengan tantangan yang dihadapi pada abad 21, dimana guru adalah sebagai fasilitator pedadogik harus mampu merancang pembelajaran dan penilaian yang efektif dan inovatif. Upaya mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dapat melalui desain soal atau instrumen penilaian yang diintegrasikan dengan teknologi untuk mendorong peserta didik berpikir lebih dalam dan analitis, bukan hanya sekadar mengingat atau memahami informasi. Salah satu teknologi yang dapat memudahkan pembelajaran adalah liveworksheets. Liveworksheets memiliki keunggulan, yaitu website berupa lembar kerja online yang dapat mengoreksi jawaban peserta didik secara otomatis dan dapat diakses dengan mudah.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes tertulis berbasis berpikir kritis pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup kelas X SMA yang berkualitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dimulai dari tahap analisis kurikulum, analisis konsep, analisis peserta didik dan analisis butir soal. Selanjutnya pada tahap desain dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran dan instrumen tes tertulis, dan tahap pengembangan dilakukan pengembangan instrumen tes tertulis menggunakan liveworksheets. Instrumen pengumpul data terdiri dari lembar validasi, angket respon, dan instrumen tes tertulis berbasis berpikir kritis menggunakan liveworksheets.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas instrumen tes tertulis berbasis berpikir kritis memperoleh nilai 3,80 dilihat dari hasil validasi sangat valid dengan nilai rata-rata 3,95. Hasil uji coba terbatas tahap I memperoleh nilai rata-rata 3,71
dengan kategori sangat baik, dan hasil uji coba terbatas tahap II memperoleh nilai rata-rata 3,56 dengan kategori sangat baik. Uji reliabilitas soal pada uji coba terbatas tahap I dan II memperoleh nilai rata-rata 0,86 dengan kategori sangat tinggi. Persentase tingkat kesukaran soal pada uji coba terbatas I dan II memperoleh nilai persentase rata-rata 72% soal dengan tingkat kesukaran sedang dan 28% soal dengan tingkat kesukaran sukar. Daya pembeda soal pada uji coba tahap I dan II didominasi dengan kategori sangat baik, serta fungsi pengecoh memperoleh persentase sebesar 94,28% yang berarti distraktor berfungsi dengan baik
Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen tes tertulis berbasis berpikir kritis pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup kelas X SMA yang dikembangkan, ditinjau dari hasil validitas soal, penilaian dan analisis butir soal pada uji coba terbatas tahap I dan tahap II adalah memiliki kualitas yang sangat baik dengan nilai 3,80, sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran dan penilaian di kelas.
Tidak tersedia versi lain