CD Skripsi
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Materi Perubahan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup
Penerapan kurikulum merdeka Fase E kelas X pada Capaian Pembelajaran-nya (CP) peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman materi perubahan lingkungan. Capaian Pembelajaran (CP) harus diimbangi dengan proses pembelajaran yang berkualitas dengan menggunakan perangkat pembelajaran atau bahan ajar yang mendukung. Guru harus berinovasi dan menyesuaikan strategi, pendekatan, serta model pembelajaran yang cocok dengan peserta didik yang diajarkan.
Inovasi yang bias dilakukan salah satunya adalah mengembangkan LKPD berbasis SETS. Penggunaan SETS menjadi fasilitas guru dan peserta didik dalam menemukan solusi terkait permasalahan lingkungan yang bersifat kontekstual sehingga akan memiliki dampak positif terhadap pemahaman peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). LKPD yang telah dikembangkan akan divalidasi oleh 3 orang validator dan dilakukan uji coba terbatas sebanyak 2 kali. Uji coba terbatas tahap 1 dilakukan kepada 10 orang mahasiswa semester VII/7 Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Riau dan uji coba terbatas tahap 2 dilakukan kepada 2 orang guru dan 36 orang peserta didik SMAN 8 Pekanbaru. Hasil penelitian didapatkan 4 produk terkait 1) keseimbangan dan perubahan lingkungan, 2) pencemaran lingkungan dan bahan pencemar rantai makanan, 3) penanganan limbah, dan 4) dinamika komunitas, adaptasi dan mitigasi perubahan lingkungan.
Hasil analisis data didapatkan nilai rata-rata hasil validasi LKPD berbasis SETS yaitu 3.62 dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba terbatas tahap 1 memperoleh nilai rata-rata 3.81 dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil uji coba terbatas tahap 2 terhadap guru memperoleh nilai 3.74 dan terhadap peserta didik memperoleh nilai 3.66 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan nilai rata-rata uji coba terbatas tahap 1 dan tahap 2 diperoleh nilai uji praktikalitas yaitu 3.74. Kualitas LKPD berbasis SETS memperoleh nilai rata-rata sebesar 3.68 dnegan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini, LKPD berbasis SETS dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran, kemudian dapat dilanjutkan pada tahap implementasi dan evaluasi.
Tidak tersedia versi lain