Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Smart Booklet Dengan Quick Response (Qr) Code Pada Materi Virus Kelas X SMA
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Smart Booklet Dengan Quick Response (Qr) Code Pada Materi Virus Kelas X SMA

Adella Fitri Frilista / 2005110270 - Nama Orang;

Berkembangnya dunia pendidikan saat ini ditandai dengan hadirnya kurikulum baru, yaitu kurikulum Nasional dan merupakan penyempurnaan dari kurikulum Merdeka yang berpusat pada peserta didik dan memprioritaskan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21. Realitas di atas mengharuskan pendidik supaya dapat memodernisasi proses pembelajaran untuk benar-benar menyiapkan peserta didik menghadapi realitas abad 21. Permasalahan yang sering dijumpai dalam mengimplementasikan Kurikulum Nasional adalah kesulitan pendidik dalam mengakomodir pembelajaran berdiferensiasi terhadap gaya belajar peserta didik yang terdiri dari visual, auditori dan kinestetik. Sehingga pendidik harus menjadi fasilitator yang handal, dan menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Jika tidak ditangani dengan baik, permasalahan ini akan berefek terhadap motivasi belajar dan performa penurunan hasil belajar peserta didik.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggabungkan karakter gaya belajar dengan memanfaatkan bantuan media pembelajaran inovasi terbaru supaya pembelajaran menjadi lebih bermakna. Media pembelajaran yang dimaksud adalah Smart Booklet dengan Quick Response (QR) Code. Smart Booklet dengan Quick Response (QR) Code merupakan modifikasi dari media booklet pintar yang berukuran B5 dan didukung dengan ilustrasi gambar serta dapat mengakomodir pembelajaran berdiferensiasi terhadap karakter gaya belajar yaitu visual, auditori dan kinestetik serta memiliki latihan soal bertipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik dan melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Smart Booklet juga disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dalam perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dengan memanfaatkan Quick Response (QR) Code dengan scanning menggunakan smartphone yang akan menampilkan video pembelajaran.
Materi virus merupakan materi yang dianggap abstrak dan tidak dapat dipahami dengan tindakan verbal saja untuk dijelaskan pada peserta didik SMA.


Capaian pembelajaran yang lebih kompleks dari kurikulum sebelumnya membuat materi virus tergolong sulit. Oleh sebab itu, media pembelajaran Smart Booklet dengan Quick Response (QR) Code dapat menjadi salah satu media untuk memvisualisasikan materi virus dan membantu peserta didik meningkatkan pemahamannya sesuai dengan gaya belajar yang diminatinya.
Penelitian pengembangan media pembelajaran Smart Booklet dengan Quick Response (QR) Code ini menggunakan model ADDIE yang dilakukan hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan di kampus Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau dan SMA Negeri 8 Pekanbaru. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulan Agustus 2024-November 2024. Data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini terdiri dari data kuantitatif dengan menggunakan instrumen lembar validasi dan lembar angket respon.
Hasil validasi produk pengembangan media pembelajaran Smart Booklet dengan Quick Response (QR) Code ini memperoleh nilai rata-rata 3,86 dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba terbatas tahap I diperoleh rata-rata 3,87 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba terbatas tahap II diperoleh rata-rata 3,89 dengan kategori sangat baik. Hasil rata-rata terhadap kualitas Smart Booklet dengan Quick Response (QR) Code memperoleh nilai 3,87 dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Booklet dengan Quick Response (QR) Code pada materi virus kelas X SMA yang telah dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dilihat dari hasil rata-rata validasi oleh validator dan uji coba terbatas tahap I dan uji coba terbatas tahap II pada produk yang dikembangkan. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya yaitu, dapat mengembangkan media pembelajaran Smart Booklet dengan Quick Response (QR) Code yang mencakup materi biologi lainnya, basis, model pembelajaran, ataupun melanjutkan tahapan berikutnya dari penelitian pengembangan ini.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005110270
2005110270
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005110270
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Biologi., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005110270
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?