Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Studi Tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle(IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tempuling

Yenita Fair / 0505120490 - Nama Orang;

Kata Kunci : Metode Inside Outside Circle, Hasil Belajar, Kelas Eksperimen, Kelas
Kontrol, SMA N 1 Tempuling.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar
pendidikan kewarganegaraan siswa kelas X SMA N 1 Tempuling. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menjelaskan dan menganalisis apakah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
X di SMA N 1 Tempuling. Penelitian ini dilakukan kurang lebih selama 2 (dua) bulan,
yang menjadi populasi dlam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1
Tempuling yang berjumlah 158 orang siswa, sedangkan kelas yang menjadi sampel
adalah kelas X1, X3 dan kelas X4 yang berjumlah 118 orang siswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode observasi, kepustakaan, tes dan dokumentasi. Kemudian data
dianalisa dengan menggunakan uji t, dengan rumus :
2 1 nx nx
s
x x t
1 1
2 1
+
−
=
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata uji kemampuan awal untuk kelas
eksperimen 47,63 dan kelas kontrol 48,25, sedangkan setelah dilakukan evaluasi belajar
diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 70,87 dan kelas kontrol 65,50. berdasarkan
analisis “uji t” terdapat dari kedua kelas tersebut menunjukan t hitung > t table yaitu 2,92 >
1,665 yang berarti ada perbedaan yang signifikan pada tingkat signifikan 5%. Dengan
demikian hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol
yang disebabkan oleh karena adanya perbedaan metode pengajaran pada pokok bahasan
persamaan kedudukan warga Negara, dimana pada kelas control diterapkan metode
konvensional dan pada kelas eksperimen menggunakan metode Inside Outside Circle.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 05 02.110 (0056)
05 02.110 (0056)
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
05 02.110 (0056)
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP - Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan., 2010
Deskripsi Fisik
vi, 64 hlm.:ilus.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
05 02.110 (0056)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dewa
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Studi Tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle(IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tempuling
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?