CD Skripsi
Studi Tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle(IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tempuling
Kata Kunci : Metode Inside Outside Circle, Hasil Belajar, Kelas Eksperimen, Kelas
Kontrol, SMA N 1 Tempuling.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar
pendidikan kewarganegaraan siswa kelas X SMA N 1 Tempuling. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menjelaskan dan menganalisis apakah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
X di SMA N 1 Tempuling. Penelitian ini dilakukan kurang lebih selama 2 (dua) bulan,
yang menjadi populasi dlam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1
Tempuling yang berjumlah 158 orang siswa, sedangkan kelas yang menjadi sampel
adalah kelas X1, X3 dan kelas X4 yang berjumlah 118 orang siswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode observasi, kepustakaan, tes dan dokumentasi. Kemudian data
dianalisa dengan menggunakan uji t, dengan rumus :
2 1 nx nx
s
x x t
1 1
2 1
+
−
=
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata uji kemampuan awal untuk kelas
eksperimen 47,63 dan kelas kontrol 48,25, sedangkan setelah dilakukan evaluasi belajar
diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 70,87 dan kelas kontrol 65,50. berdasarkan
analisis “uji t” terdapat dari kedua kelas tersebut menunjukan t hitung > t table yaitu 2,92 >
1,665 yang berarti ada perbedaan yang signifikan pada tingkat signifikan 5%. Dengan
demikian hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol
yang disebabkan oleh karena adanya perbedaan metode pengajaran pada pokok bahasan
persamaan kedudukan warga Negara, dimana pada kelas control diterapkan metode
konvensional dan pada kelas eksperimen menggunakan metode Inside Outside Circle.
Tidak tersedia versi lain