CD Skripsi
Pengaruh motivasi, Persepsi dan sikap Konsumen Serta Faktor sosial terhadap keputusan pembelian motor Toyota kijang Inova Pada PT. Agung automall di pekanbaru
Penelitian dilakukan PT. Agung Automall Cabang Pekanbaru yang beralamat di Jl.
Soetomo no. 13 Pekanbaru, sebagai dealer resmi yang menyalurkan produk otomotif merek
Toyota di Pekanbaru. Selain itu penelitian ini juga dilakukan di beberapa tempat di wilayah
Kota Pekanbaru seperti pada bengkel-bengkel non resmi Toyota dan pada tempat pencucian
mobil yang telah dipilih. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh motivasi,
persepsi, sikap serta faktor sosial dan juga untuk mengetahui variabel mana yang memiliki
pengaruh dominant terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Agung
Automall Cabang Pekanbaru. Adapun yang menjadi variabel penelitian adalah motivasi,
persepsi, dan sikap serta faktor sosial (keluarga, kelompok referensi, peran dan status).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen mobil Toyota Kijang
Innova di Kota Pekanbaru pada tahun 2008 yaitu sebanyak 1524 orang. Kemudian sampel
diperoleh dengan menggunakan metode Slovin dengan persen kelonggaran sebesar 10%
sehingga responden diperoleh sebanyak 94 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis koefisien determinasi
diperoleh nilai R2 sebesar 0, 790. Artinya 79% perilaku konsumen dalam mengambil keputusan
pembelian mobil Toyota Kijang Innova dipengaruhi oleh motivasi, persepsi, sikap, dan faktor
sosial (keluarga, kelompok referensi, serta peran dan status).Sedangkan sisanya sebesar 21%
lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dan tidak termasuk dalam
penelitian ini.
Dan selanjutnya melalui teknik analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan :
Y= -1,454 + 0,672 (X1) + 0,307 (X2) + 0,583 (X3) – 0,156 (X4) – 0,1 (X5) + 0,165 (X6) + e
Dari persamaan diatas dapat dijabarkan bahwa variabel motivasi (X1) berpengaruh sebesar
0,672 terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Dengan demikian variabel motivasi
mempunyai pengaruh yang paling dominan dengan koefisien regresi sebesar 0,672 terhadap
keputusan pembelian (Y). Kemudian dari hasil regresi berganda melalui uji F ditemkan nilai F
hitung lebih besar dari F table (54,636 > 2,20467). Oleh sebeb itu hipotesa yang mengatakan
bahwa “ motivasi, persepsi, dan sikap konsumen serta factor social( keluarga, kelompok
referensi, peran dan status) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Toyota
Kijang Innova dapat diterima. Selanjutnya dari uji t variabel motivasi berdasarkan hipotesis
merupakan variabel yang paling dominan dan paling signifikan mempengaruhi keputusan
pembelian mobil Toyota Kijang Innova sebesar 6,344. Dengan demikian hipotesis kedua dalam
penelitian juga terbukti dan dapat diterima.
Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian bagi perusahaan untuk
mengetahui perilaku konsumen dan untuk membantu merancang kebijakan dan strategi
pemasaran yang efektif dan efisien.
Tidak tersedia versi lain