CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah SMP Negeri 3 Bangkinang Kecamatan Salo Kabupaten Kampar
ABSTRAK
Zulkifli.AR 2010 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan: Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilimu Pengetahuan Sosial Kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkinang Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Skripsi Program Studi Sejarah Universitas Riau Pekanbaru.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Hasil Belajar.
Latar Belakang :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal, 20 pebruari 2010 sampai dengan 29 Juni 2010. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkinang Kecamatan Salo Kabupaten Kampar dengan jumlah siswa 37 orang terdiri dari 25 orang laki – laki dan 12 orang perempuan. Variabel penelitian yang diukur adalah aktivitas guru, aktivitas siswa yang di ukur dengan menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa yang di ukur dengan tes tertulis.
Hasil penelitian siklus I menunjukkan aktivitas guru kategori sangat baik dengan skor 19,5 skor maksimum yang diharapkan adalah 24. Karena skor 24 berada pada range 18,1 – 24 . Aktivitas siswa pada siklus I kategori baik dengan skor 163(86,5%), karena skor 163 berada pada range 147,1 – 222,0 skor maksimal yang diharapkan adalah 222,1. Dan untuk hasil belajar siswa pada siklus I rata – rata secara klasikal adalah 74,1- 163, termasuk kategori tuntas. sedangkan yang belum tuntas ( < 0,1 ) sebanyak 5 orang ( 13,50 % )
Pada siklus II aktivitas guru kategori sangat baik dengan skor 29,5 (100 %) aktivitas siswa kategori sangat baik dengan skor 210 (100 % ) dan untuk hasil belajar siswa pada siklus II kategori tuntas dengan rata – rata secara klasikal adalah 100 % . Belum tuntas 0 % sebanyak - orang.
Berdasarkan hasil penelitian ini,maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP negeri 03 Bangkinang Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.
Tidak tersedia versi lain