CD Skripsi
Penerapan Strategi Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) Melalui Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Batupanjang Kecamatan Rupat Tahun Ajaran 2010/2011
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan sikap
ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIA SMP Negeri I Batupanjang
Kecamatan Rupat dengan penerapan strategi pembelajaran Think, Talk, Write
(TTW) melalui pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada bulan Novemberi -
Desember 2010. Sabjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIA dengan jumlah siswa
34 orang (15 laki-laki dan 19 perempuan) dengan parameter sikap ilmiah dan
hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah mengalami
peningkatan yaitu pada siklus I degan rata-rata 66.59 % (cukup) meningkat
pada siklus II dengan rata-rata 89.98 % (amat baik). Hasil belajar siswa
berdasarkan daya serap pada siklus I yaitu 75.29 (baik) meningkat pada siklus II
80.44 (baik). Ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 88.25 % dengan nilai
rata-rata 75,29 meningkat pada siklus II menjadi 100 % dengan nilai rata-rata
yaitu 80.44. Penghargaan kelomok pada siklus I adalah kelompok super dan
siklus II merupakan kelompok hebat. Aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 90
% (amat baik), dan siklus II dengan rata-rata 100 % (amat baik). Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran
Think, Talk, Write (TTW) melalui pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan
sikap ilmiah dan hasil belajar Biologi pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri I
Batupanjang Kecamatan Rupat tahun ajaran 2010/2011.
Kata kunci : Strategi TTW melalui Kooperatif, sikap ilmiah dan hasil belajar
Tidak tersedia versi lain