CD Skripsi
Tingkat Relevansi Buku Teks Fisika Dengan Aspek Kegrafikaan Berdasarkan Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains BSNP di Kelas X SMA Negeri Kota Pekanbaru
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat relevansi buku teks
Fisika dengan Aspek Kegrafikaan berdasarkan Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP) di Kelas X SMA Negeri Kota Pekanbaru. Penelitian ini
dilaksanakan di laboratorium Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Riau.
Objek penelitian ini adalah Buku teks fisika terbitan : Erlangga karangan Bob
Foster, Erlangga karangan Supiyanto, Esis karangan Mikrajudin Abdullah,
Yudistira karangan Purwoko Fendi, dan Buku Sekolah Elektronik karangan
Karyono, dkk. Hasil yang didapat menunjukan bahwa pada aspek Kegrafikaan
untuk buku teks terbitan : Erlangga karangan Bob Foster memiliki tingkat
relevansi sebesar 72,01% (kategori sedang), Erlangga karangan Supiyanto
memiliki tingkat relevansi sebesar 72,73% (kategori sedang), Buku Sekolah
Elektronik (BSE) karangan Karyono, dkk memiliki tingkat relevansi sebesar
73,92% (kategori sedang), Esis karangan Mikrajudin Abdullah memiliki tingkat
relevansi sebesar 87,27% (kategori tinggi), Yudistira karangan Purwoko Fendi
memiliki tingkat relevansi sebesar 90,77% (kategori sangat tinggi). Dari data yang
diperoleh dapat disimpulkan bahwa buku teks terbitan : Erlangga karangan Bob
Foster, Erlangga karangan Supiyanto, dan Buku Sekolah Elektronik (BSE)
karangan Karyono berada pada kategori sedang berdasarkan Standar Penilaian
Buku Pelajaran Sains BSNP. Sedangkan Esis karangan Mikrajudin Abdullah
termasuk kategori tinggi dan Yudistira karangan Purwoko Fendi termasuk
kategori sangat tinggi berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Kata kunci : Aspek Kegrafikaan, Buku Teks, Relevansi, Standar Penilaian Buku
Pelajaran Sains.
Tidak tersedia versi lain