CD Skripsi
Penerapan Model Pelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 001 Peranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu
Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
(Think – Pair – Share). Pembelajaran IPA SD. Hasil belajar
siswa.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD perlu diperhatikan dengan tujuan agar siswa
memiliki aktivitas, kreativitas dan memiliki hasil nilai yang memenuhi kriteria
sekolah. Untuk itu hasil belajar IPA perlu ditingkatkan dalam penelitian tindakan
kelas ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri
001 Peranap kecamatan Peranap TP. 2010/2011 dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dilaksanakan pada tanggal 15, 16, 17
Maret untuk siklus I dan tanggal 22, 23, 24 Maret untuk siklus II. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 001 Peranap kecamatan Peranap yang
berjumlah 32 orang siswa paramater penelitian adalah hasil belajar siswa,
ketuntasan belajar siswa. Penghargaan kelompok, aktivitas siswa dan guru. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada
siklus I diperoleh rata-rata daya serap siswa 64,19% (cukup) dan siklus II 77,28%
(baik). Ketuntasan siklus I yaitu 53,12% (tidak tuntas) dan siklus II 90,62%
(tuntas). Pada siklus I untuk penghargaan kelompok terdapat tiga kelompok super
dan lima kelompok hebat dan pada siklus II semua kelompok super. Rata-rata
aktivitas siswa pada siklus I yaitu 59,11% kategori kurang dan pada siklus II ratarata
76,69% kategori baik, dan aktivitas guru pada siklus I yaitu 89,58% dan
siklus II 95,84%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 001 Peranap kecamatan
Peranap TP. 2010/2011.
Tidak tersedia versi lain