CD Skripsi
Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 014 Rimba Seminai Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
kelas Kelas V SD Negeri 014 Rimba Seminai Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten
Indragiri Hulu dengan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini dilakukan di kelas V pada 20 siswa yang dilaksanakan pada bulan
Februari, Maret dan April 2011. Selama dua siklus, sedangkan analisa data secara
deskriptif.
Hasil Penelitian menjelaskan bahwa aktivitas guru memperoleh skor pada
siklus I sebesar 24 dengan persentase 75% dengan kategori Baik dan pada siklus
II sebesar 28 dengan persentase 87,5% dengan kategori Sangat Baik, dengan
peningkatan persentase sebesar 12,5%. Aktivitas belajar siswa terhadap mata
pelajaran IPS mengalami peningkatan, dimana persentase aktivitas siswa pada
siklus I rata-rata sebesar 75,83 % dan pada Siklus II sebesar 87,5 %, dengan
peningkatan persentase sebesar 11,67%. Hasil belajar siswa pada setiap siklus
mengalami peningkatan, rata-rata pada siklus I sebesar 69 dan siklus II sebesar
76. peningkatan hasil belajar antara siklus I dan II adalah 7. Dengan daya serap
siswa pada dua siklus memperoleh kategori Tinggi dan Ketuntasan Belajar
Klasikal pada data awal 30% (belum Tercapai), siklus I adalah 70 % (Belum
Tercapai) sedangkan pada siklus II adalah 90% (Tercapai). Dengan demikian
peningkatan Ketuntasan Belajar Klasikal adalah antara siklus I dan II adalah 20%.
Tidak tersedia versi lain