CD Skripsi
Profil Soft Skills Mahasiswa Pada Matakuliah Pengembangan Program Pembelajaran Biologi Tahun Akademis 2010/2011
Telah dilakukan penelitian untuk melihat profil soft skill mahasiswa pada
mata kuliah Pengembangan Program Pembelajaran Biologi pada tahun Akademis
2010/2011, pada bulan Maret sampai Juni 2011. Sampel total penelitian ini seluruh
mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengembangan Program Pembelajaran
Biologi berjumlah 43 orang (40 orang perempuan dan 3 orang laki-laki). Parameter
dalam penelitian ini adalah soft skill dengan 7 indikator yaitu kreatif, kepercayaan
diri, mandiri, motivasi, berfikir kritis, manajemen waktu dan kerja sama tim.
Instrument yang digunakan yaitu penilaian soft skill berdasarkan proses
menggunakan ketujuh indikator soft skill dan penilaian unjuk kerja menggunakan 2
indikator dari ketujuh indikator soft skill. Hasil penelitian soft skill berdasarkan proses
dengan persentase rata-rata 67.26% (cukup). Pada proses RPP dan LKS rata-rata
65.41% (cukup), pada pembelajaran mikro rata-rata 62,94% (cukup), pada proses
mempresentasikan media rata-rata 75,29% (baik), dari ketujuh indikator soft skill
tersebut, indikator yang paling tinggi ialah indikator kerja sama tim dengan rata-rata
88% (baik sekali) sedangkan indikator yang paling rendah ialah berfikir kritis 68%
(cukup). Sedangkan profil soft skill pada unjuk kerja persentase rata-rata 73,72%
(cukup), pada unjuk kerja RPP 60.91% (cukup), LKS 62.80% (cukup), Media
pembelajaran 85.79% (baik sekali), Bahan ajar 85.40% (baik sekali), dari dua
indikator soft skill yang paling tinggi persentase adalah indikator berfikir kritis rerata
74.19% (cukup) sedangkan indikator terendah indikator kreatif 73.26% (cukup).
Secara keseluruhan profil soft skill mahasiswa berdasarkan proses dan penilaian
unjuk kerja pada mata kuliah Pengembangan Program Pembelajaran Biologi
persentase rerata 70.49% dengan kategori cukup.
Tidak tersedia versi lain