CD Skripsi
Penggunaan Media Gambar Yang Diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPA Biologi Siswa Kelas V SD Negeri 037 Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Tahun Pelajaran 2011/2012
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar IPA Biologi dengan penggunaan media gambar yang
diintegrasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SD
Negeri 037 Bagan Sinembah. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 07
Nopember sampai dengan 23 Nopember 2011. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SD Negeri 037 Bagan Sinembah sebanyak 20 orang siswa yang terdiri
dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Parameter penelitian ini adalah
hasil belajar siswa yang terdiri dari daya serap dan ketuntasan belajar, aktifitas
siswa dan dan aktifitas guru. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I dan
siklus II. Daya serap siklus I rata-rata siswa adalah 71,50% (Cukup), sedangkan
untuk siklus II daya serap rata-rata siswa adalah 83,50% (Baik), ketuntasan belajar
individu siklus I adalah 70% (tidak tuntas) , mengalami peningkatan pada siklus
II menjadi 100% (tuntas), penghargaan kelompok siklus I semua kelompok
mendapat katagori hebat, dan pada siklus II satu kelompok mendapat katagori
hebat dan empat kelompok mendapat katagori super, aktifitas siswa siklus I ratarata
adalah 75,83% (Baik), siklus II rata-rata aktifitas siswa adalah 85,83% (Baik
sekali) aktifitas guru siklus I rata-rata adalah 88,45% (Baik sekali), sedangkan
pada siklus II rata-rata adalah 95,83% (Baik sekali). Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar yang diintegrasikan
dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil
belajar IPA Biologi pada siswa kelas V SD Negeri 037 Bagan Sinembah
Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci : Daya serap, ketuntasan, media gambar, pembelajaran kooperatif tipe
STAD.
Tidak tersedia versi lain