CD Skripsi
Tingkat Empati Siswa Tinjau Dari Urutan Kelahiran Di SMP 2 Ukui Tahun 2012
ABSTRAK
NURBAITI, NIM : 1005164550, Penelitian ini berjudul “Tingkat Empati Siswa Tinjau Dari Urutan Kelahiran Di SMP 2 Ukui Tahun 2012”. Pendidikan karakter harus terus ditingkatkan agar semua siswa mempunyai empati yang besar dalam kehidupan sehari-hari, gejala-gejala yang ditemukan di SMP NEGERI 2 Kecamatan Ukui. Adapun gejala-gejala yang terlihat di lapangan adalah sebagai berikut :Adanya sebagian siswa yanng kurang mampu mengungkapkan kesadaran tentang kebutuhaan atau kepentingan kelompok atau temaannya, Adanya sebagian siswa yang kurang mampu dalam mendengarkan dan berkomunikasi dalam suasana yang konstrutif., Adanya sebagian siswa yang kuranng mampu dalaam mmenyatakan hal yaang sensitif dan mempenngaruhi keputusan orang lain.
Dari berbagai gejala di atas dapat di rumuskan permasalahannya: Bagaimana gambaran tingkat empati siswa yang termasuk golongan anak sulung di SMP Negeri 2 Ukui Tahun 2012 ?, Bagaiman gambaran tingkat empati siswa yang termasuk golongan anak tengah di SMP Negeri 2 Ukui Tahun 2012 ?, Bagaimana gambaran tingkat empati siswa yang termasuk golongan anak bungsu di SMP Negeri 2 Ukui Tahun 2012 ?. Dari rumusan masalah tersebut dapat dilihat bahwa tujuan penelitian ini ialah : Untuk mengetahui gambaran tingkat empati siswa yang termasuk golongan anak sulung di SMP Negeri 2 Ukui Tahun 2012, untuk mengetahui gambaran tingkat empati siswa yang termasuk golongan anak tengah di SMP Negeri 2 Ukui Tahun 2012. untuk mengetahui gambaran tingkat empati siswa yang termasuk golongan anak bungsu di SMP Negeri 2 Ukui Tahun 2012. Penelitian ini melibatkan 14 siswa anak sulung, 16 siswa anak tengah dan 4 siswa anak bungsu yang berada di kelas VII SMP N 2 Ukui, jadi dalam penelitian ini semua sampel berjumlah 34. Metode yang digunakan Deskriptif, Terdapat Perbedaan yang signifikan tingkat empati antara anak sulung dan anak bungsu, Terdapat Perbedaan persentase tingkat empati antara anak tengah dan anak sulung., Terdapat Perbedaan yang signifikan tingkat empati antara anak bungsu dan anak tengah. Tingkat Empati siswa anak sulung berada pada katagori kuat (100%), tingkat empati siswa anak tengah berada pada katagori kuat (87,5%) dan tingkat empati anak bungsu berada pada katagori sangat kuat (50%). Agar meningkatkan empati siswa guru dapat memberikan bimbingan, terutama guru Pembimbing (BK), agar dapat memberikan pelayanan untuk meningkatkan empati siswa anak sulung, tengah dan bungsu.
Kata Kunci : Empati, Urutan Kelahiran
Tidak tersedia versi lain