CD Skripsi
Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Giving Question And Getting Answer Pada Siswa Kelas X2 Sma Negeri 1 Benai Tahun Ajaran 2011/2012
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan giving question
and getting answer pada siswa kelas X2 SMA N 1 Benai tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan pada bulan
Januari-Februari 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas X2 SMA N 1Benai
yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 16 orang laki-laki dan 20 orang perempuan.
Parameter penelitian adalah aktivitas siswa dan hasil belajar yang terdiri atas
daya serap dan ketuntasan belajar. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu
74,87% (cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu 81,28% (baik). Rata-rata daya
serap siswa pada siklus I yaitu 78,94 (cukup) dan pada siklus II memiliki rata-rata
yaitu 80,42 (baik). Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 91,67% (baik
sekali) dan 97,22% (baik sekali) pada siklus II. Penghargaan kelompok pada
siklus I ada 4 kelompok super dan 3 kelompok hebat dan pada siklus II semua
kelompok mendapat penghargaan hebat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan strategi giving
question and getting answer dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
biologi pada siswa kelas X2 SMA N 1Benai pada tahun ajaran 2011/2012.
Kata kunci : Pembelajaran kooperatif, strategi giving question and getting
answer, aktivitas, hasil belajar.
Tidak tersedia versi lain