CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Ii Sd Negeri 62 Pekanbaru
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS yang disebabkan siswa kurang aktif dan tidak kreatif dalam mengikuti pembelajaran, siswa merasa pembelajaran IPS sesuatu yang membosankan, karena merasa pembelajaran kurang menyenangkan,. sehingga menyebabkan rendahnya ketuntasan klasikal dalam pelajaran IPS yaitu siswa tuntas hanya 42,42% dari jumlah seluruh siswa, untuk itu perlu dilakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SD Negeri 62 Pekanbaru. Hipotesis tindakan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match maka dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SD Negeri 62 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 62 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Siklus II juga dilaksanakan dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan tes ulangan harian pada akhir siklus. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKM 42,42%, pada ulangan harian siklus I persentase ketercapaian KKM 75,76%, sedangkan pada ulangan harian siklus II persentase ketercapaian KKM 93,94%. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung di kelas II SD Negeri 62 Pekanbaru, rata-rata aktivitas guru siklus I 83,75% dan siklus II 98,75%, selanjutnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siklus I 68% dan siklus II 98%. Dari penjelasan tersebut menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match maka dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SD Negeri 62 Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain