Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi IPS Kelas V SDN 036 Serusa Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir
Sistem pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab) dalam
pembelajaran IPS Sejarah, dianggap tidak relevan dan dapat mengurangi bahkan
membuat siswa tidak berparsipasi aktif dalam proses pembelajaran, keadaan ini
membuat aktivitas belajar mengajar hanya didominasi oleh guru dan sebagaian
kecil siswa, sehingga tujuan pembelajaran dan standar nilai tidak dapat dicapai
secara maksimal dan siswa juga tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPS.
Untuk itu diperlukan sebuah media yang dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa,
media tersebut adalah Media Gambar.
Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPS Sejarah Kelas V SDN 036 Serusa Kecamatan
Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Pada siklus pertama hasil belajar siswa mencapai
65,5%, kemudian pada siklus kedua meningkat 72,5%. Hal ini menunjukkan
kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan pihak sekolah yaitu 65 (enam
puluh lima) bisa tercapai, bahwa lebih baik dari yang diinginkan. Selain itu semua
aktivitas guru dan siswa dapat terlaksana dengan baik.
Dengan penggunaan media gambar dalam proses belajar mengajar memicu
semangat siswa untuk lebih baik. Karena dengan penggunaan media gambar ini
bisa membubuhkan semangat belajar dan mengajar yang hasil akhirnya ketuntasan
belajar akan tercapai dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPS Sejarah melalui penggunaan media gambar dikelas
V SDN 036 Serusa Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Peningkatan hasil
belajar ini ditinjau dari hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V
sebanyak 20 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah lembar observasi, aktivitas guru, aktivitas siswa dan
hasil belajar. Dari data yang sudah ada dianalisa dan dari hasil analisa diperoleh
hasil sebagai berikut : (1) tingkat hasil belajar dalam mempelajari pokok bahasan
peristiwa menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia, penggunaan metode role
playing dikategorikan tinggi (2) besar peningkatan motivasi belajar IPS Sejarah
siswa dengan menggunakan media gambar dari skor 65,5 % menjadi 72,5%. Dari
hasil analisa lembar observasi diperoleh hasil bahwa penggunaan media gambar
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 036 Serusa Kecamatan
Bangko Kabupaten Rokan Hilir.
Tidak tersedia versi lain