CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 020 Bente Kecamatan Mandah
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran PAKEM, Hasil Belajar IPS
Penelitian ini bertolak dari hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 020 Bente Kecamatan Mandah semester ganjil 2011/2012 dari 27 orang siswa, hanya 10 orang siswa (37%) yang mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan minimum (KKM). Sedangkan 17 orang siswa (63%) mendapat niali dibawah KKM. Dengan nilai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 65. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 020 Bente Kecamatan Mandah. Dengan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 020 Bente Kecamatan Mandah dengan menerapkan strategi pembelajaran pakem. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran aktif,kreatif,efektifdan menyenangkan, di kelas IV SDN 020 Bente Kecamatan Mandah dengan jumlah siswa 27 orang. Tindakan ini dilakukan bulan Maret 2012. Hasil belajar IPS yang diperolehdari data awal adalah rata-rata nilai 60 dengan 40% atau 10 orang siswa yang tuntas memperoleh nilai minimal 65 sesuai standar KKM. Setelah diterapkan model pembelajaran Pakem pada siklus I UH I, diperoleh nilai kemampuan hasil belajar IPS siswa dengan ketuntasan 59,25,% atau 16 orang siswa. Siklus II UH II meningkat dengan ketuntasan 81,48% atau 22 orang siswa. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini, “Jika diterapkan model pembelajaran aktif,kreatif,efektif dan menyenangkan (PAKEM) maka dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 020 Bente Kecamatan Mandah”, dapat diterima.
Tidak tersedia versi lain