CD Tugas Akhir
Prosedur Taking Order Oleh Food And Beverage Service Pada “Spice Restaurant” Nirwana Gardens Resort Bintan
Taking order merupakan bagian dari pelayanan yang sangat penting. Karena melalui taking order pramusaji dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan tamunya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan prosedur taking order dan untuk mengetahui hambatan taking order oleh food and beverage service pada Spice Restaurant Nirwana Gardens Resort Bintan. Penelitian ini mengguanakan metode kualitatif deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah outlet manajer, supervisor, senior waiter, dan waitress. Pengumpulan data di lakukan dengan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Prosedur taking order di Spice Restaurant sudah berjalan dengan cukup baik. 2) Solusi untuk mengatasi hambatan pada taking order meliputi melakukan taking order manual ketika terjadi kendala situasional; Lebih fokus, tenang, dan sabar dalam menghadapi tamu; Diperlukan penambahan pramusaji; Perlunya training untuk memperlancar bahasa asing oleh manajemen; Pramusaji hendaknya lebih profesional dan dapat memisahkan antara urusan pribadi dengan urusan pekerjaan.
Tidak tersedia versi lain