CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 011sungai Majo Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir
Latar belakang dari penelitian adalah proses belajar mengajar kelas III SD Negari 011 Sungai Majo Kacamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir pada mata pelajaran matematika yang masih didominasi oleh guru sehingga siswa menjadi pasif, begitu juga materi yang diberikan guru dan hasil belajar yang belum memuaskan dengan nilai rata–rata dibawah KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe NHT baik secara individu maupun klasikal terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika SD Negeri 011 Sungai Majo Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir.
Penelitian ini dilakukan terhadap 20 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar observasi untuk data Model Pembelajaran Kooferatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) melalui UAS I dan UAS II untuk data hasil belajar. Hasil belajar siswa meningkat pada siklus pertama dibanding kan sebelum dilakukanya tindakan atau sebelum PTK, Aktivitas guru meningkat setiap pertemuan pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan I dengan persentase 60%, pertemuaan II dengan persentase 75%, mengalami peningkatan sebanyak 67.5%. Sedangkan siklus ke II pada pertemuan I dengan persentase 85% dan pada pertemuan II dengan persentase 95%. mengalami peningkatan sebanyak 90%. Aktiviitas siswa meningkat setiap pertemuan pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan I dengan persentase 65%, pertemuaan II dengan persentase 75%, mengalami peningkatan sebanyak 70%, sedangkan siklus ke II pada pertemuan I dengan persentase 90% dan pada pertemuan II dengan persentase 95%. mengalami peningkatan sebanyak 92,58%.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas III SDN 011 Sungai Majo Kecamatan Kubu dengan hasil belajar pada skor dasar dengan rata-rata 60% secara klasikal tidak tuntas, siklus I rata-rata hasil belajar 75% secara klasikal tidak tuntas, sedangkan hasil belajar pada siklus II memproleh rata-rata 85% secara klasikal sudah tuntas.
Dari hasil penelitian dan pembahasan seperti yang telah diuraikan diatas bahwa dengan pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT secara benar maka aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi meningkat dan lebih baik.
Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), Hasil belajar
Tidak tersedia versi lain