CD Skripsi
Efektivitas Penggunaan Kahoot Terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas X SMK Kansai Pekanbaru
Penelitian ini membahas tentang bagaimana keefektifan media Kahoot dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang di SMK Kansai Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara penguasaan kosakata siswa yang menggunakan media Kahoot dengan siswa yang tidak menggunakan media Kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian true-experimental dengan desain pretest-posttest control group design, dimana desain ini terdapat dua kelas yang dipilih lalu diberikan tes untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun kelas yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas X AKL/OTKP yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ/TITL sebanyak 18 siswa sebagai kelas kontrol. Sehingga jumlah sampel secara keseluruhan adalah 38 siswa.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa, media Kahoot dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa. Jika dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media Kahoot. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test yang mana tes menunjukkan bahwa nilai pre-test pada kelas eksperimen sebesar 60 dengan kategori “sangat kurang” dan pada kelas kontrol 63,78 dengan kategori “kurang”. Lalu pada nilai post-test, kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 87 dengan kategori “baik” jika dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 67,33 dengan kategori “kurang”. Maka dapat disimpulkan dari hasil pre-test dan post-test bahwa media Kahoot efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas X SMK Kansai Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain